Written by 1:43 am News

SAPA BUNDA ARFI

Selamat Datang di website SMP INS

Bunda Arfi Destianti, SMP INS

Dra. Arfi Destianti, Prime Principal & Direktur Sekolah

 

Assalamu’alaikum Wr. Wbr.

Anak-anakku siswa SMP the Indonesia Natural School, para alumni, para orangtua dan calon orangtua siswa, serta warganet sekalian.

Syukur tak terhingga kami haturkan ke hadlirat Illahi Robbi, atas semua berkah dan kenikmatan serta perlindungannya, sampai tahun ajaran 2018/2019 yang baru berlalu, SMP Indonesia Natural School (INS) telah berkarya meluluskan 9 Angkatan.

Angkatan pertama mereka kini telah lulus kesarjanaan, sebagai bagian  generasi muda melenial penerus bangsa. Tantangan di era minenial sangat kompleks, dan suasana penuh kompetisi, baik sesama anak bangsa, maupun berkompetisi sebagai warga global.

Agar mampu eksis di era milenium baru, faktor kompetensi diri yang tercermin dari sikap kreatifitas, inovatif, daya adaptasi, kemampuan berfikir kritis menemukan alternatif pemecahan masalah yang dihadapi, kemampuan berkomunikasi, dan kerjasama tim yang baik, serta penguasaan teknologi informasi (IT);  sangat-sangat lah diperlukan.

“Ini yang kami sebut dengan kurikulum berbasis minat atau kurikulum talenta, atau dalam bahasa pedagogik disebut sebagai “Learning Style Analysis”, dan “Interest Curiosity based Learning”. 

 

Sekolah SMP INS telah berupaya menyiapkan kemampuan siswa-siswi dengan pengembangan potensi menuju kompetensi diri, yang dilakukan sejak awal Ananda menjadi siswa SMP INS.

Kurikulum nasional yang diperkaya dengan paradigma pendidikan natural serta model pendidikan Abad 21, merupakan upaya kami untuk memberikan penguatan jati diri Ananda.

Ini yang kami sebut dengan kurikulum berbasis minat atau kurikulum talenta, atau dalam bahasa pedagogik disebut sebagai “Learning Style Analysis“, dan “Interest Curiosity based Learning“.

Belajar menjadi hal yang menyenangkan, efektif, sekaligus mengembangkan diri anak, karena Ananda melalui proses belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing, dan mempelajari segala sesuatu informasi dengan alasan yang jelas serta didorong oleh rasa ingin tahu yang tinggi.

Pembelajaran dengan pendekatan alur belajar  yang dirancang sedemikian rupa, sehingga pada akhirnya siswa dituntut untuk mampu menginternalisasi pengetahuan yang diterima, diolah dengan bahasa sendiri dan dipresentasikan sebagai sesuatu informasi yang dimiliki.

tim guru SMP INS tahun 2019

Bunda Arfi (tengah) bersama para guru saat perayaan 17 Agustus 2019

Dialog, diskusi, sharing, menjadi keseharian di SMP INS yang melatihkan anak untuk berani tampil.  “Merasakan -Mengkhayalkan – Mewujudkan – Membagikan  itu disebut Design Thinking  atau berfikir Reka Cipta.

Model atau pola/alur pembelajaran ini mengedepankan proses, mulai dari :  (1) Observing & Describing; (2) Questioning & Analyzing; (3) Exploring; (4) Creating  & Produce, dan diakhiri dengan (5) Share, Show & Tell yang dikemas pada penampailan Ekspresi dan Karya.

Padu padan alur ini akan langgeng selamanya, meski yang namanya ‘Kurikulum   Nasional’ acap kali  berganti. Bahkan makin membuat sekolah hidup dalam dinamika dan pencarian problem solving. Begini lah kami menggunakan “kaca pembesar” untuk memahami siswa dan mendekatkan siswa dengan masalah dirinya,  agar meminimalkan kendala pencapaian akademik.

Salah satunya nanti, dengan adanya website SMP INS yang baru ini, Bunda mengajak agar para siswa dan para guru mengisinya dengan menampilkan ekspresi diri dalam ilmu pengetahuan teknologi, seni dan budaya, menjadi catatan proses dan potret belajar-mengajar yang dilalui, sekaligus portofolio ke masa depan.

Sebagai generasi muda yang hidup dalam keberagaman di bawah Pancasila, harapan besar Bunda agar kalian Siswa semua dapat menjalani  dan mencapai sesuatu karya kehidupan yang istimewa, sejak jenjang pendidikan menengah atas, perguruan tinggi, hingga bermasyarakat kelak.

Generasi cerdas berakhlak mulia, unggul berprestasi. Para generasi emas yang membawa Indonesia ke masa keEmasan di seratus tahun merdeka yaitu di tahun 2045!

Salam hangat  untuk seluruh keluarga.

Salam Pendidikan,

Wassalamu’alaikum Wr. Wbr.

Dra. Arfi Destianti

Prime Principal & Direktur Sekolah

 

(Visited 88 times, 1 visits today)
Close
WhatsApp chat