About Us

Indonesia Natural School

Sebuah pengabdian pada pendidikan nasional. Demikian komitmen yang menjadi semangat pendirian Yayasan Semut Beriring pada 9 Agustus 1999. Semut merupakan serangga kecil yang cerdik, mampu membangun koloni dan dengan fitrahnya menyelenggarakan.

Semut merupakan serangga kecil yang cerdik, mampu membangun koloni dan dengan fitrahnya menyelenggarakan suatu desain tata kelola organisasi yang kompleks nyaris sempurna (Harun Yahya; Keajaiban pada Semut, 1997).Mengambil filosofi Semut, Yayasan Semut Beriring dalam setiap aktifitasnya mendayagunakan semangat bergotong royong beriringan bersama bersinergi untuk mencapai tujuan. Yayasan Semut Beriring bertekad menjadi bagian yang aktif dalam upaya mencerdaskan bangsa, melalui kegiatan di bidang pendidikan dasar menengah, pendidikan tinggi dan keterampilan hidup.

Visi

Melangsungkan proses pendidikan sekolah menengah pertama untuk memperkuat konsep diri dan potensi kecerdasan sesuai minat serta membangun kesadaran berbangsa di tengah interaksi global

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Guru SMP INS
  1. Sekolah dilangsungkan berdasarkan ajaran dan landasan Islam
  2. Menjunjung tinggi 4 Pilar Kebangsaan : Pancasila, UUD ’45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika
  3. Mengedepankan pemerdekaan pendidikan melalui pemahaman perbedaan karakter dan gaya belajar siswa
  4. Mengakomodasi dan menggali minat melalui cara pandang kecerdasan majemuk
  5. Sekolah menuju inklusi, yang meyakini the best school is the best process, not best input
  6. Mengupayakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman
  7. Menghadirkan sekolah sebagai rumah kedua
  8. Mewujudkan kesempatan siswa dalam merancang masa depan

Indonesia : Setiap anak bangsa penting dan harus memahami ke- Indonesiaan secara mendasar, bukan hanya sumber daya alam, melainkan sumber daya manusianya bagi penguatan di masa mendatang.  Murid masa kini adalah pemimpin bangsa di masa depan

Natural
 : Proses belajar sesuai fitrah, sesuai tahapan dan kesiapan dan penjenjangan.  Kesinambunagn perlu mencerminkan kemajuan belajar secara bertahap menuju keutuhan dari segi ilmu.  Natural juga berarti alamiah, baik lingkungan belajar maupun proses dan target yang akan dicapai.

Nama sekolah INS berbahasa Inggris, sebagai penanda bahwa dunia saat ini sudah menjadi big village.  Perlu mempersiapkan siswa menjadi warga dunia, bukan hanya pada kompetensinya, melainkan kesiapan jati dirinya yang bangga dengan apa yang dimiliki serta siap meluaskan jejaring dengan dunia internasional.

Assalamu’alaikum Wr. Wb…

Syukur pada Illahi Robbi, atas semua berkah dan kenikmatan serta perlindungann pada kita, sehingga langkah kita kini sampailah  dengan selamat di Tahun Ajaran Baru 2016/2017.

Wabah “Aku Becus” ini mengantarkan Ibu Kiran mendapat beragam penghargaan regional dan internasional, dan dikenal dengan pendekatan DFC  (Design for  Change).

Perjumpaan para remaja belia kita  dengan kerabat dan para sesepuh  di hari yang fitri kemarin, semoga melanggengkan santun kata dan laku, yang tetap menghargai peradaban timur , meski dunia makin tunggang langgang dengan perubahan.

Alhamdulillah, gedung INS hampir seratus persen diselesaikan. Siswa kelas 7 pun telah bergabung dan menempati dua kelas paralel. Nama tumbuhan langka dalam bahasa Latin telah disematkan untuk menandai nama kelas. Meski masih susah melafalkan, namun  kecintaan pada flora Nusantara diharapkan mendorong siswa ingin tahu lebih jauh tentang kekayaan negrinya.

selengkapnya